Aplikasi Pustaka Digital |
SMA Negeri 2 Lengayang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas negeri di Kota Painan. Pada tahun 2012 ini, SMAN 2 Lengayang bertekad memperbaiki infrastruktur dan kinerja para guru-guru agar bisa menjadi sekolah yang berbasis internasional. Namun, perbaikan infrastruktur tidak dibarengi dengan perkembangan sistem informasi di dalam sekolah ini. Salah satunya adalah belum terkomputerisasinya sistem pengelolaan perpustakaan, dengan penerapa sistem manual membuat kurang maksimalnya kinerja perpustakaan. Beberapa Contohnya, sistem pencarian buku yang memakan waktu dan peminjaman buku yang masih dicatat dalam bentuk pembukuan. Hal ini membuat pelayanan terhadap siswa-siswi SMAN 2 Lengayang menjadi kurang baik.
Dengan menganalisa gejala-gejala permasalahan tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sebuah aplikasi perpustakaan yang diterapkan pada sekolah ini. Aplikasi tersebut berbentuk websire yang berisi kegiatan-kegiatan perpustakaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi sebuah sistem terkomputerisasi, contoh seperti pengelolaan daftar buku yang dipunya oleh perpustakaan dalam bentuk database. Aplikasi ini dibangun dengan tampilan user interface yang user friendly, sehingga bagi pengguna yaitu pegawai perpustakaan bisa menggunakannya dengan mudah. Tampilan dibuat menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan Macromedia Flash 8, Database menggunakan MySql dan yang terpenting coding pemrograman menggunakan PHP.
Pengembangan sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dari perpustakan dan mendukung SMA Negeri 2 Lengayang menjadi sekolah yang tidak hanya berbasis internasional, namun menjadi sekolah negeri yang berbasis teknologi informasi kedepannya.
Aplikasi ini dibuat untuk perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ”, aplikasi ini dapat membantu kinerja perpustakaan yang sebelumnya menggunakan sistem manual untuk melakukan setiap kegiatannya. Sistem baru ini dapat membantu kinerja perpustakaan lebih cepat dan terkomputerisasi seperti:
Pendaftaraan Anggota Pustaka
Ppencarian Buku
Peminjaman buku
Pengembalian buku
Perhitungan denda dan pemeliharaan data buku.
Aplikasi ini berbentuk web yang penggunaannya diperuntukkan bagi pegawai perpustakaan. Sistem ini dibangun menggunakan beberapa software :
1. Coding pemrograman menggunakan bahasa PHP
2. Database menggunakan MySql
3. Tampilan sistem informasi menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan macromedia Flash 8.
Batasan Masalah dari perumusan masalah diatas adalah sebagai berikut :
1. membahas tentang proses :
a. Pendaftaraan Anggota
B. Pencarian Buku
C. Peminjaman Buku
D. Pemngembalian Buku
E. Pemeliharaan Data
F. Perhitungan Denda
2. Tidak membahas tentang pembelian buku atau penjualan buku.
3. Sistem informasi berbasis web yang penggunaannya untuk Pegawai Perpustakaan, Anggota Pustaka dan Guru
Pada proposal ini kami tim pengembang ingin memberikan batasan masalah. Dalam membangun Aplikasi perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” yaitu hanya pada pembuatan aplikasi web. Aplikasi ini di tujukan untuk pegawai perpustakaan untuk mendokumentasikan kegiatan pinjam meminjam buku dan untuk siswa SMA NEGERI 2 LENGAYANG sebagai media informasi.
Proyek sistem informasi perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan pendaftaraan anggota, cara peminjaman buku , pengembalian buku dan pengarsipan data.
2. Mendesain sistem sistem utama aplikasi sistem informasi perpustakaan
3. Pembuatan aplikasi sistem informasi perpustakaan.
4. Pelatihan terhadap pegawai perpustakaan
5. Pemeliharaan sistem pada aplikasi yang akan dibuat
6. Dokumentasi sistem yang telah di buat
Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara berjalan dengan baik.
1. Modul daftar buku yang tersedia
2. Modul pendaftaraan anggota
3. Modul peminjaman buku dan pengembalian buku
4. Modul pengorganisasian data
5. Modul pemeliharaan data buku
Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada siswa-siswa “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ”
2. Memudahkan siswa-siswi untuk pendaftaraan anggota perpustakaan, peminjaman buku dan pengembalian buku.
3. Mengganti sistem manual ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
4. Mempermudah untuk pencarian buku.
5. Pemeliharaan data lebih cepat dan mudah dilakukan.
6. Mudah diakses
Tujuan dirancangnya proyek sistem informasi perpustakaan ini antara lain:
1. Mengurangi jumlah antrian siswa dan memberikan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku lebih cepat dari sebelum sistem ini dibuat.
2. Proses pemeliharan data dapat dilakukan dengan pengarsipan melalui media komputer dan proses pemeliharaannya jauh lebih mudah jika dilakukan dengan komputerisasi
Kegiatan dan waktu pelaksanaan Juni Juli Agustus
Analisis Kebutuhan
Design fungsi
Pemograman
Pengujian
Instalasi
Pelatihan
Pemeliharaan
Dokumentasi
1. Biaya persiapan
Tipe Requitment Spesifikasi Biaya
Software Macromediadreamweaver 8
Macromedia flash 8
My SQL Server
Domain & Hosting
Hardware 1 Paket Komputer ( PC )
Modem Eksternal
1 Printer
2. Biaya Pengerjaan :
No. Perincian Biaya
1 Analisis kebutuhan
2 Design Fungsi Rp.
3 Pemograman Rp.
4 Pengujian Rp.
5 Instalasi Rp.
6 Pelatihan Rp.
7 Pemeliharaan Rp.
8 Dokumentasi Rp.
Jumlah Rp.
Total Biaya Persiapan + Pengerjaan Rp.
Untuk mengembangkan sistem Informati perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” berbasis web, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1. Project Manager dan System Analisis
2. Database Engineering
3. Graphic and Software Engineer
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi perpustakaan Berbasis Web, tahapannya sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan, kerumitan dan Jumlah baris coding menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
5. Instalasi
Mengganti sistem lama dengan menempatkan sistem baru yang telah dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
6. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih pegawai perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bugbila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya
Halaman Login Pustakawan
Laporan Kas Pustaka
DAFTAR ISI
Pengantar
Daftar Isi
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Batasan Masalah
Ruang Lingkup
Modul Pengembangan
Manfaat Pengembangan
Tujuan Perencanaan
Waktu Pelaksanaan
Rancangan Biaya
Tenaga Pelaksana
Metodologi
Lampiran
COVER
PROPOSAL
APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
SMA NEGERI 2 LENGAYANG BERBASIS WEB
KERJASAMA
LEMBAGA KURSUS PELATIHAN MYCOMPUTER
NILEK NASIONAL
08108.1.0013
LEMBAGA KURSUS PELATIHAN
PASAR PADANG PANJANG
PASAR KAMBANG KECAMATAN LENGAYANG
KABUPATEN PESISIR SELATAN
0756 7428 174
2016
LEMBAGA KURSUS PELATIHAN
Pasar Padang Panjang Pasar Kambang Kec. Lengayang Pessel Telp. 0756 7428 174
Hal : Proposal Kambang, 23 Mei 2016
Kepada Yth,
Kepala Sekolah SMA Negri 2 Lengayang
Di tempat
Dengan Hormat,
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada pihak SMA 2 Lengayang yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem yang ada di SMA Negeri 2 Lengayang. Kami adalah penyedia jasa pembuatan aplikasi sistem perpustakaan yang bertujuan berpatisipasi mengembangkan sistem perpustakaan agar kinerja petugas perpustakaan lebih maksimal dalam melakukan beberapa kegiatan seperti pemasukan data buku-buku baru dan pencarian buku.
Berdasarkan perkembangan sistem yang ada saat ini, kami akan mengembangkan sebuah Aplikasi Sistem Perpustakaan untuk SMA Negeri 2 Lengayang . Untuk membuat sebuah aplikasi sistem informasi perpustakaan tersebut kami menggunakan bahasa pemograman PHP, dengan database MySql dan Macromedia Flash dan Dreamweaver.
Demikian proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui email atau telpon yang sudah tertera,
Hormat Kami