Aplikasi Pustaka Digital |
SMA
Negeri 2 Lengayang merupakan salah satu
Sekolah Menengah Atas negeri di Kota Painan.
Pada tahun 2012 ini, SMAN 2 Lengayang
bertekad memperbaiki infrastruktur dan kinerja para guru-guru agar bisa
menjadi sekolah yang berbasis internasional. Namun, perbaikan infrastruktur
tidak dibarengi dengan perkembangan sistem informasi di dalam sekolah ini.
Salah satunya adalah belum terkomputerisasinya sistem pengelolaan perpustakaan,
dengan penerapa sistem manual membuat kurang maksimalnya kinerja perpustakaan.
Beberapa Contohnya, sistem pencarian buku yang memakan waktu dan peminjaman
buku yang masih dicatat dalam bentuk pembukuan. Hal ini membuat pelayanan
terhadap siswa-siswi SMAN 2 Lengayang
menjadi kurang baik.
Dengan
menganalisa gejala-gejala permasalahan tersebut, kami dapat menarik kesimpulan
mengenai suatu peluang pengembangan sebuah aplikasi perpustakaan yang
diterapkan pada sekolah ini. Aplikasi tersebut berbentuk websire yang berisi
kegiatan-kegiatan perpustakaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi
sebuah sistem terkomputerisasi, contoh seperti pengelolaan daftar buku yang
dipunya oleh perpustakaan dalam bentuk database. Aplikasi ini dibangun dengan
tampilan user interface yang user friendly, sehingga bagi pengguna yaitu
pegawai perpustakaan bisa menggunakannya dengan mudah. Tampilan dibuat
menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan Macromedia Flash 8, Database menggunakan
MySql dan yang terpenting coding pemrograman menggunakan PHP.
Pengembangan
sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dari perpustakan dan
mendukung SMA Negeri 2 Lengayang menjadi sekolah yang tidak hanya berbasis
internasional, namun menjadi sekolah negeri yang berbasis teknologi informasi
kedepannya.
Aplikasi
ini dibuat untuk perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ”, aplikasi ini dapat
membantu kinerja perpustakaan yang sebelumnya menggunakan sistem manual untuk
melakukan setiap kegiatannya. Sistem baru ini dapat membantu kinerja
perpustakaan lebih cepat dan terkomputerisasi seperti:
Pendaftaraan
Anggota Pustaka
Ppencarian
Buku
Peminjaman
buku
Pengembalian
buku
Perhitungan
denda dan pemeliharaan data buku.
Aplikasi ini berbentuk web yang penggunaannya diperuntukkan
bagi pegawai perpustakaan. Sistem ini dibangun menggunakan beberapa software :
1. Coding
pemrograman menggunakan bahasa PHP
2. Database
menggunakan MySql
3. Tampilan sistem
informasi menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan macromedia Flash 8.
Batasan Masalah dari perumusan masalah diatas adalah sebagai
berikut :
1. membahas
tentang proses :
a. Pendaftaraan
Anggota
B. Pencarian Buku
C. Peminjaman
Buku
D. Pemngembalian
Buku
E. Pemeliharaan
Data
F. Perhitungan
Denda
2. Tidak membahas
tentang pembelian buku atau penjualan buku.
3. Sistem
informasi berbasis web yang penggunaannya untuk Pegawai Perpustakaan, Anggota
Pustaka dan Guru
Pada proposal ini kami tim pengembang ingin memberikan
batasan masalah. Dalam membangun Aplikasi perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG
” yaitu hanya pada pembuatan aplikasi web. Aplikasi ini di tujukan untuk
pegawai perpustakaan untuk mendokumentasikan kegiatan pinjam meminjam buku dan
untuk siswa SMA NEGERI 2 LENGAYANG
sebagai media informasi.
Proyek
sistem informasi perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” yang akan dikembangkan
memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
1. Menganalisis
setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan pendaftaraan anggota, cara
peminjaman buku , pengembalian buku dan pengarsipan data.
2. Mendesain
sistem sistem utama aplikasi sistem informasi perpustakaan
3. Pembuatan
aplikasi sistem informasi perpustakaan.
4. Pelatihan
terhadap pegawai perpustakaan
5. Pemeliharaan
sistem pada aplikasi yang akan dibuat
6. Dokumentasi
sistem yang telah di buat
Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini
sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara berjalan dengan baik.
1. Modul daftar
buku yang tersedia
2. Modul
pendaftaraan anggota
3. Modul
peminjaman buku dan pengembalian buku
4. Modul
pengorganisasian data
5. Modul
pemeliharaan data buku
Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut
:
1. Meningkatkan
pelayanan perpustakaan kepada siswa-siswa “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ”
2. Memudahkan
siswa-siswi untuk pendaftaraan anggota perpustakaan, peminjaman buku dan
pengembalian buku.
3. Mengganti
sistem manual ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
4. Mempermudah
untuk pencarian buku.
5. Pemeliharaan
data lebih cepat dan mudah dilakukan.
6. Mudah
diakses
Tujuan dirancangnya proyek sistem informasi perpustakaan ini
antara lain:
1. Mengurangi
jumlah antrian siswa dan memberikan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku lebih cepat dari sebelum
sistem ini dibuat.
2. Proses
pemeliharan data dapat dilakukan dengan pengarsipan melalui media komputer dan
proses pemeliharaannya jauh lebih mudah jika dilakukan dengan komputerisasi
Kegiatan dan waktu pelaksanaan Juni Juli Agustus
Analisis Kebutuhan
Design fungsi
Pemograman
Pengujian
Instalasi
Pelatihan
Pemeliharaan
Dokumentasi
1. Biaya
persiapan
Tipe Requitment Spesifikasi Biaya
Software Macromediadreamweaver 8
Macromedia flash 8
My SQL Server
Domain & Hosting
Hardware 1
Paket Komputer ( PC )
Modem Eksternal
1 Printer
2. Biaya
Pengerjaan :
No. Perincian Biaya
1 Analisis
kebutuhan
2 Design
Fungsi Rp.
3 Pemograman Rp.
4 Pengujian Rp.
5 Instalasi Rp.
6 Pelatihan Rp.
7 Pemeliharaan Rp.
8 Dokumentasi Rp.
Jumlah Rp.
Total Biaya Persiapan + Pengerjaan Rp.
Untuk
mengembangkan sistem Informati perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” berbasis web, maka dibutuhkan tim pengembang
yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1. Project
Manager dan System Analisis
2.
Database Engineering
3. Graphic
and Software Engineer
Metodologi
merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini
adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi
perpustakaan Berbasis Web, tahapannya
sebagai berikut:
1.
Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang
dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis
web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk
meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2. Desain
Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context
Diagram, Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan
sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis
yang dikehendaki.
3.
Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang
telah dibuat. Lama Pengerjaan, kerumitan dan Jumlah baris coding menentukan
besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4.
Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior
testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas
sistem.
5.
Instalasi
Mengganti sistem lama dengan
menempatkan sistem baru yang telah dibuat, jika hasil dari suatu proses
pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
6.
Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user,
pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih pegawai
perpustakaan “SMA NEGERI 2 LENGAYANG ” yang hendak mengoperasikan program
aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan
informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna
aplikasi selanjutnya.
7.
Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja
setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang
cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan
tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8.
Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen.
Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai
referensi untuk bugbila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan
sebagainya
Halaman Login Pustakawan
Laporan Kas
Pustaka
DAFTAR ISI
Pengantar
Daftar Isi
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Batasan Masalah
Ruang Lingkup
Modul Pengembangan
Manfaat Pengembangan
Tujuan Perencanaan
Waktu Pelaksanaan
Rancangan Biaya
Tenaga Pelaksana
Metodologi
Lampiran
COVER
PROPOSAL
APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
SMA NEGERI 2 LENGAYANG BERBASIS WEB
KERJASAMA
LEMBAGA KURSUS PELATIHAN MYCOMPUTER
NILEK NASIONAL
08108.1.0013
LEMBAGA KURSUS PELATIHAN
PASAR PADANG PANJANG
PASAR KAMBANG KECAMATAN LENGAYANG
KABUPATEN PESISIR SELATAN
0756 7428 174
2016
LEMBAGA KURSUS PELATIHAN
Pasar Padang Panjang Pasar Kambang Kec. Lengayang Pessel
Telp. 0756 7428 174
Hal :
Proposal Kambang, 23
Mei 2016
Kepada Yth,
Kepala
Sekolah SMA Negri 2 Lengayang
Di tempat
Dengan Hormat,
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa.
Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi
dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada pihak SMA 2
Lengayang yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam
proses pengembangan sebuah sistem yang ada di SMA Negeri 2 Lengayang. Kami
adalah penyedia jasa pembuatan aplikasi
sistem perpustakaan yang bertujuan
berpatisipasi mengembangkan sistem perpustakaan agar kinerja petugas
perpustakaan lebih maksimal dalam melakukan beberapa kegiatan seperti pemasukan
data buku-buku baru dan pencarian buku.
Berdasarkan perkembangan sistem yang ada saat ini, kami akan
mengembangkan sebuah Aplikasi Sistem Perpustakaan untuk SMA Negeri 2 Lengayang
. Untuk membuat sebuah aplikasi sistem informasi perpustakaan tersebut kami
menggunakan bahasa pemograman PHP, dengan database MySql dan Macromedia Flash
dan Dreamweaver.
Demikian proyek pengembangan sistem informasi yang kami
tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal penawaran kami, kami
menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui email atau telpon yang sudah tertera,
Hormat Kami