
Selamat Datang My ID
KISI KISI PLPG SENI BUDAYA
Setelah Putar sana kemari akhirnya ketemu juga yang dicari
supaya pembaca tidak mengalami nasib yang sama, ada baiknya penulis membagikan kisi kisi seni rupa (seni budaya)
KISI-KISI MATERI PLPG MATA
PELAJARAN SENI BUDAYA
No.
|
Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru
(KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
1
|
Pedagogik
|
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,
kultural, emosional,
dan intelektual.
|
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya
|
1.2.1 Membedakan
potensi peserta didik berdasarkan kemampuan dasar seni budaya yang dimiliki siswa.
|
2
|
Pedagogik
|
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,
kultural, emosional,
dan intelektual.
|
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya
|
1.2.2 Menentukan cara mengoptimalkan perkembangan potensi peserta didik dalam pembelajaran seni budaya.
|
3
|
Pedagogik
|
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,
kultural, emosional,
dan intelektual.
|
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya
|
1.2.3
Menentukan cara mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam
pembelajaran seni budaya.
|
4
|
Pedagogik
|
2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.1 Menyebutkan teori belajar yang bisa digunakan dalam pembelajaran seni budaya.
|
5
|
Pedagogik
|
2.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.2
Menyebutkan prinsip belajar yang mendorong
siswa aktif dalam pembelajaran seni budaya.
|
6
|
Pedagogik
|
2.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.3
Menentukan salah satu teori belajar yang relevan dalam penerapan seni sebagai alat pendidikan.
|
7
|
Pedagogik
|
2.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.4
Menyebutkan salah satu metode pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam pembelajaran seni budaya.
|
No.
|
Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru
(KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
8
|
Pedagogik
|
2.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.5
Membedakan metode yang menjadikan siswa aktif dan tidak aktif dalam pemebelajaran seni budaya.
|
9
|
Pedagogik
|
2.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.6
Mengaplikasikan penerapan metode analisis
sintesis dalam pembejaran seni budaya.
|
10
|
Pedagogik
|
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih
dan karakteristik
peserta didik
|
3.5.1 Membedakan
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum mata pelajaran seni
budaya.
|
11
|
Pedagogik
|
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih
dan karakteristik
peserta didik
|
3.5.2 Mengaplikasikan salah satu prinsip pengembangan yang digunakan dalam kurukulum pembelajaran seni budaya.
|
12
|
Pedagogik
|
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
3.6
Mengembangkan
indikator dan instrumen penilaian.
|
3.6.1 Menentukan indikator
sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dalam pembelajaran seni budaya
|
13
|
Pedagogik
|
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
3.6 Mengembangkan
indikator dan instrumen penilaian.
|
3.6.2 Menentukan instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
dalam pembelajaran seni budaya
|
14
|
Pedagogik
|
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
|
4.5
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar
yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai
tujuan
|
4.5.1
Memilih jenis media pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran seni budaya.
|
15
|
Pedagogik
|
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
|
4.5
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar
yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai
tujuan
|
4.5.2
Membandingkan efektivitas media dalam pembelajaran seni budaya antara
yang menggunakan teknologi dan manual.
|
16
|
Pedagogik
|
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
|
4.5
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar
yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai
tujuan
|
4.5.3 Mengklasifikasi sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran seni budaya.
|
17
|
Pedagogik
|
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam
pembelajaran yang diampu.
|
5.1.1 Menentukan media teknologi informasi dan komunikasi yang relevan
dengan materi pembelajaran seni budaya.
|
No.
|
Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru
(KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
18
|
Pedagogik
|
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam
pembelajaran yang diampu.
|
5.1.2 Menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi yang relevan
dengan materi pembelajaran seni budaya.
|
19
|
Pedagogik
|
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong
peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
|
6.1.1 Menentukan kegiatan pembelajaran
dalam pembelajaran seni budaya.
|
20
|
Pedagogik
|
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong
peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
|
6.1.2 Mengaplikasikan kegiatan
pembelajaran seni budaya yang sesuai dengan tahapan pembelajaran.
|
21
|
Pedagogik
|
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
6.2
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta
didik, termasuk kreativitasnya.
|
6.2.1 Menentukan kegiatan pembelajaran
yang mendukung potensi peserta didik dalam pembelajaran seni
budaya.
|
22
|
Pedagogik
|
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
6.2
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta
didik, termasuk kreativitasnya.
|
6.2.2 Menentukan kegiatan pembelajaran
yang menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran seni budaya.
|
23
|
Pedagogik
|
7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
|
7.1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran seni budaya.
|
. 7.1.1 Menjelaskan perbedaan antara konsep penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran seni budaya.
|
24
|
Pedagogik
|
7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
|
7.1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran seni budaya.
|
7.1.2 Menyebutkan prinsip-prinsip penilaian
pembelajaran seni
budaya.
|
25
|
Pedagogik
|
7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
|
7.2 Menentukan aspek-aspek proses
dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran seni budaya.
|
7.2.1 Menentukan macam-macam aspek penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dalam pembelajaran seni budaya.
|
26
|
Pedagogik
|
7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
|
7.2 Menentukan aspek-aspek proses
dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran seni budaya.
|
7.2.2
Menentukan macam-macam aspek penilaian dalam
pembelajaran seni
budaya.
|
No.
|
Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru
(KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
27
|
Pedagogik
|
8. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran
|
8.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
|
8.1.1 Memaknai
hasil penilaian belajar siswa berdasarkan
kriteria pembelajaran seni budaya.
|
28
|
Pedagogik
|
8. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran
|
8.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
|
8.1.2 Menentukan tindak lanjut atas pemaknaan hasil penilaian pembelajaran seni budaya.
|
29
|
Profesional
|
1.Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.1
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi)
yang mendukung
pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
|
1.1.1 Menentukan jenis materi berbagai cabang seni budaya yang diajarkan.
|
30
|
Profesional
|
1.Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.1
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi)
yang mendukung
pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
|
1.1.2 Menentukan struktur materi berbagai
cabang seni budaya yang diajarkan.
|
31
|
Profesional
|
1.Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.1
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat
konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi)
yang mendukung
pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
|
1.1.3 Menguraikan konsep pengetahuan dalam berbagai cabang pembelajaran seni budaya yang diajarkan.
|
32
|
Profesional
|
1. Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.1
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi)
yang mendukung
pelaksanaan pembelajaran
seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
|
1.1.4 Menguraikan konsep
ketrampilan/kreasi dalam berbagai cabang seni budaya yang diajarkan.
|
33
|
Profesional
|
1. Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung
|
1.2. Menganalisis materi,
struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan
dengan
|
1.2.1 Menganalisis jenis materi berbagai cabang seni budaya yang diajarkan.
|
No.
|
Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru
(KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
pembelajaran Seni Budaya.
|
|
34
|
Profesional
|
1. Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.2. Menganalisis materi,
struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan
dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
1.2.2 Menganalisis struktur isi materi berbagai
cabang seni budaya yang diajarkan.
|
35
|
Profesional
|
1. Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.2. Menganalisis materi,
struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan
dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
1.2.3 Menganalisis konsep pengetahuan dalam berbagai
cabang pembelajaran seni budaya yang diajarkan.
|
36
|
Profesional
|
1.
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
|
1.2. Menganalisis materi,
struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan
dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
1.2.4 Menganalisis konsep ketrampilan dalam berbagai
cabang pembelajaran seni budaya yang diajarkan
|
37
|
Profesional
|
2. Menguasai
standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
|
2.1. Memahami standar kompetensi/kompetensi
inti mata pelajaran seni budaya
|
2.1.1 Menguraikan indikator pencapaian standar kompetensi/kompetensi
inti pembelajaran seni budaya.
|
38
|
Profesional
|
2. Menguasai
standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
|
2.1. Memahami standar kompetensi/kompetensi
inti mata pelajaran seni budaya
|
2.1.2 Mengaplikasikan standar
kompetensi/kompetensi inti ke dalam praktik pembelajaran seni budaya.
|
39
|
Profesional
|
2. Menguasai
standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
|
2.2. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.2 Memilih kompetensi
dasar yang cocok untuk pembelajaran pengetahuan pembelajaran seni budaya.
|
40
|
Profesional
|
2. Menguasai
standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
|
2.2. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.3 Memilih kompetensi
dasar yang cocok untuk pembelajaran ketrampilan pembelajaran seni budaya.
|
41
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.1. Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.1.1 Menentukan jenis materi pembelajaran seni budaya
sesuai dengan
tingkat perkembangan peserta
didik.
|
42
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.1. Memilih materi pembelajaran
yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.1.2 Menentukan struktur materi seni budaya
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
43
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.1. Memilih materi pembelajaran
yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.1.3 Menguraikan berbagai konsep dalam pembelajaran seni budaya sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
No.
|
Kompetensi
Utama
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
Kompetensi Inti Guru
(KI)
|
Kompetensi Guru Mata
Pelajaran (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
|
|
|
|
44
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.2. Mengolah
materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.2.1 Merancang
materi pelajaran pengetahuan seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
45
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.2. Mengolah
materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.2.2 Merancang
materi pelajaran ketrampilan seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
46
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.2. Mengolah
materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.2.3 Menerapkan rancangan materi pengetahuan dalam praktik pembelajaran seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan
peserta didik.
|
47
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.2. Mengolah
materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
3.2.4 Menerapkan rancangan materi ketrampilan dalam praktik pembelajaran seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
|
48
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.3. Melakukan
penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
|
3.3.1 Mengidentifikasi penyebab kekurang efektifan proses dan pencapaian hasil belajar dalam praktik pembelajaran seni budaya.
|
49
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.3. Melakukan
penelitian tindakan
kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
|
3.3.2 Menentukan tindakan perbaikan proses dan pencapaian hasil belajar pembelajaran seni budaya.
|
50
|
Profesional
|
3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
|
3.3. Melakukan
penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
|
3.3.3 Melakukan
tindakan perbaikan proses dan pencapaian hasil belajar pembelajaran seni budaya berdasarkan langkah-langkah penelitian tindakan kelas.
|
Semoga bermanfaat
Salam My Id