INOVASI
PEMBELAJARAN PEMBUATAN WEB DESAIN
Oleh
:Masri, S.Pd
LKP
MY COMPUTER
2016
|
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Strategi komunikasi politik dengan
menggunakan media baru merupakan fenomena
hangat dalam beberapa
tahun belakangan ini.
Contoh penggunaan media baru
dalam kampanye politik yang paling mendapat sorotan adalah kampanye pemilihan
presiden Amerika Serikat pada tahun 2008, di mana Barack Obama dan tim
suksesnya menggunakan media baru sebagai sarana untuk menyebarkan informasi
seputar program dan kegiatan kampanye Obama demi menggalang simpati dan
dukungan masyarakat Amerika kala itu.
Obama juga memiliki profil pada situs jejaring seperti Facebook dan
My Space dimana ia menjelaskan program dan kebijakannya untuk menjangkau
publik umum. Profil Obama disitus jejaring pertemanan yang
populer dikalangan kaum muda tersebut memungkinkan siswa
SMA dan mahasiswa
untuk mengenal lebih dalam mengenai Obama
dan program-progamnya melalui medium internet.
Bagaimana denganstrategikomunikasipolitikmenggunakanmediabaru
diPesisir Selatan?Penggunaanmedia
baru
dalam kampanye politik di Pesisir Selatan baru mendapat perhatian cukup besar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pesisir Selatan 2015lalu.Salah satu pasangan Pilkada Pesisir Selatan,Hendrajoni dan Rusma
Yul Anwar, rupan yamenyadari
betulfungsimedia
barudalammembantu mempopulerkanvisidanmisiyang ditawarkanpasanganinidalamkampanye “HiJRAH”.Atasinisiatif Hijrah, lahirlah sebuah wadah virtual komunitas sukarelawan
pasangan Hendrajoni Rusma Yul Anwar yangdiberinamaHiJRAH
"Hendrajoni Rusmayulanwar Hebat". Meskipun HiJRAH dibentukuntukmendukung pasanganHendrajoni
Rusma Yul AnwardalamPilkadaPesisir Selatan 2015,relawanHiJRAH tidakhanyaberasaldariPesisir
Selatan saja, namunjuga
daridaerah-daerahlai.Mediamassa pungencar
memberitakan pasangan
ini. Ini menunjukkan bahwa
fenomena HiJRAH tidak
hanya populer
di kalangan
masyarakat
Pesisir Selatan saja, tetapi
juga di daerah lain. FenomenaHiJRAH ini serupadengan
fenomenaObama
yang tidakhanyapopulerdiAS,tetapijugadiseluruhdunia,termasukIndonesia.Hal inimenunjukkantrenyang
berlakudalamkampanyepolitiksaatiniadalahuntuk mendapatkan simpatisecarakeseluruhan.
HiJRAH telahmembangkitkankembalirasakegotong-royonganyang merupakan
sifat
asli masyarakat
Pesisir Selatan, di mana para anggotanya
secara
sukarela mencurahkan tenaga, pikiran,
waktu, serta
dana mereka
untuk mendukung kampanye“HiJRAH”yangdiusungolehpasanganHendrajoni
Rusma Yul Anwar. Selain
itu, melalui HiJRAH, masyarakat
Pesisir Selatan dapat belajar proses
demokrasimenggunakanmedia
baru.Inimerupakanfenomena
menarik,karena
melaluiHiJRAH,mediabaruyang
semulasering dianggap berpotensi merenggangkan hubungan kekerabatanantar individu,
dapat
digunakansebagai sarana untuk
memunculkan kembali rasa
kebersamaan antar
individu yang dilandasiniattulusyangsama,yakniuntukmenjadikanPesisir Selatansebagaiibukota
kabupaten yanglebih
baik.
B. Masalah dan Tujuan
1. Masalah
Merujuk fenomena yang
terungkap pada latar belakang tersebut di atas maka dalam pembelajaran
pembuatan desain web dirasa sangat perlu seorang desainer web harus kreatif dan
inovatif, serta mampu memunculkan gagasan-gagsan baru dalam desain web. Sehingga
permasalahan yang dirumuskan dalam tulisan ini adalah “bagaimana membuat
inovasi pembelajaran desain web” yang pada kesempatan kali ini penulis
memanfaatkan Portal Web Bupati Pesisir Selatan.
2. Tujuan
a. Penulisan
Karya Nyata ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran desain web dalam
pembuatan Portal Web Bupati Pesisir Selatan.
b. Sasaran
Pembelajaran Desain Web ini ditujukan
kepada pelaku usaha dan pendidik.
c. Hasil
dari karya ini dapat dijadikan sebagai proyek percontohan (pilot project) untuk
pembelajaran desain web.
d. Mendeskripsikan
strategi komunikasi politik dengan menggunakan media baru oleh HiJRAH pada
Pilkada Pesisir Selatan 2015
C. Strategi dan Pemecahan Masalah
1.
Alasan Pemilihan Strategi Pemecahan
Masalah (Teoritis)
a. Desain
Web
Desaign web adalah seni
dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa
melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web
walaupun yang utama memusatkan pada tampilan dan cita rasa. Sedangakan aspek
yang mencangkup pada design web antara lain menciptakan animasi dan
grafik,pemilihan warna ,grafik dan font.
b. Inovasi
Inovasi adalah suatu
penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal
sebelumnya. Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan,
menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. inovatif
adalah suatu kemampuan untuk memindahkan sumber daya yang kurang produktif menjadi
sumber daya yang produktif sehingga memberikan nilai ekonomis, baik langsung
maupun tidak langsung.
c. Portal
Web
Portal web adalah website yang
menyediakan berbagai informasi dan fasilitas bagi pengunjungnya. Portal web
yang mempunyai Kemampuan yang lebih spesifik yaitu penyediaan sebuah informasi
yang bisa diakses memakai menggunakan
aneka macam perangkat, contohnya notebook, komputer pribadi, Personal Digital
Assistant (PDA), atau bahkan telepon genggam.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Elemen-elemen
Dasar Desain Web
Elemen-elemen seperti teks, forms,
images (GIFs, JPEGs, Portable Network Graphics) dan video dapat diletakkan di
dalam halaman menggunakan tag-tag HTML/XHTML/XML. Browser terkadang juga
memerlukan Plug-ins seperti Adobe Flash, QuickTime, Java, dan sebagainya untuk
menampilkan beberapa media yang diletakkan di dalam halaman web menggunakan
tag-tag HTML/XHTML.
Halaman web dan situs web dapat
berupa halaman statis, atau dapat diprogram secara dinamis sehingga
menghasilkan halaman web dengan konten atau tampilan visual yang diinginkan,
tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir, masukan
dari Webmaster, atau perubahan dalam lingkungan komputasi (seperti situs yang
terkait dengan database yang telah diubah).
• Bahasa Mark-up (seperti HTML, XHTML
dan XML)
• Gaya lembar bahasa (seperti CSS dan
XSL)
• Client-side scripting (seperti
JavaScript dan VBScript)
• Server-side scripting (seperti PHP
dan ASP)
• Teknologi database (seperti MySQL dan
PostgreSQL)
• Teknologi multimedia (seperti Flash
dan Silverlight)
B. Kiat
Desain Web
Perancang
web atau desainer web (web designer) adalah orang yang memiliki keahlian
menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang
dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web browser
atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging,
RSS, dan sebagainya.
Dengan
berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan bidang teknologi
informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara web
design khusus untuk halaman web dan pengembangan web secara keseluruhan dari
semua layanan berbasis web.
Adapun
tugas tugas desainer web antara lain terdiri dari :
1. Merancang
Konsep Layout (Wireframing)
Membuat rancangan
layout website, rancangan layout ini bermacam-macam, ada yang sekedar membuat
wireframe dengan coret-coret di kertas atau dengan tools untuk membuat
wireframe lainya seperti balsamiq atau Mockingbird, ada yang cukup membayangkan
di otak dan langsung membuatnya di photoshop, ada yang langsung di browser
2. Merancang
Layout Secara Visual
Disini web designer
bisa menyalurkan ide-idenya dalam membuat setiap elemen yang ada di website,
memberi warna, menempatkan gambar dan lainya.
Web designer tentunya
harus punya penjelasan-penjelasan tentang desain yang dia buat, biasanya ini
terdokumentasi lengkap, kenapa memilih warna tertentu, font apa yang digunakan,
dan lain sebagainya.
3. Konversi
Layout Visual ke HTML dan CSS.
Tampilan visual saja
belum cukup, untuk bisa dibilang sebagai desain sebuah website maka tampilan
visual tersebut harus bisa dijalankan dan harus berfungsi dengan baik jika
dibuka pada sebuah web browser. Untuk itu tentunya dibutuhkan proses konversi
dari file Photoshop, Firework atau Gimp kedalam bentuk HTML dan CSS agar bisa
dijalankan dengan baik di Web Browser. Biasanya dikenal istilah Slicing, karena
sebagain besar desain web dibuat dengan photoshop.
Pada bagian ini web
designer memotong-motong desain visual yang sudah dibuat menjadi
potongan-potongan gambar. Gunanya tentu agar gambar yang digunakan pada website
nantinya tidak besar dan memberatkan, selain itu kegunaan memotong-motong
gambar yaitu agar bisa menentukan bagian mana saja baik tulisan atau gambar
yang nantinya bisa dibuat dinamis dan bagian mana yang hanya statis.
4. Membuat
Susunan Markup (HTML).
Tugas web designer
setelah proses slicing tersebut adalah mengatur tata letak elemen-elemen yang
ada di sebuah website sesuai dengan bentuk visual yang sudah dibuat sebelumnya,
untuk mengatur tata letak tentunya dibutuhkan pengetahuan akan bahasa markup,
yaitu HTML (Hypertext Markup Langugage) jadi web designer harus mengerti HTML,
sekarang bahkan sudah HTML5.
5. Mempercantik
Markup Dengan CSS.
Mengatur tata letak
tidak cukup dengan HTML karena nanti jadinya sangat monoton, seorang web
designer bertugas juga untuk mempercantik tampilan markup tersebut, tentunya
untuk mempercantiknya dibutuhkan CSS (Cascading Stylesheet) yang memang
pasangannya HTML, jadi web designer juga harus memahami CSS, karena dengan CSS
lah nanti semua elemen yang ada di website akan diatur, seperti warna
backround, bentuk teks, ukuran teks, lebar layout, jumlah kolom, dan lainnya.
Tujuan akhirnya yaitu agar desain yang dibuat secara visual di Photoshop dapat
serupa dengan tampilan di browser dalam bentuk HTML dan CSS
6. Memberi
Efek Tambahan Yang Diperlukan.
Di zaman sekarang teknologi website semakin berkembang dengan
hadirnya HTML5, CSS3, SVG, Jquery, dan teknologi lainnya. Semua teknologi itu
tentunya untuk menunjang tampilan website, siapakah yang bertugas atas tampilan
sebuah website? tentunya web designer, jadi web designer juga harus menguasai
itu semua karena itu semua sangat penting untuk menunjang tampilan sebuah
website
7. Memastikan
kode sudah benar (Validation).
Tentunya kualitas kode
juga harus diperhatikan, apakah kode yang dibuat sudah memenuhi standar atau
belum, jadi kode-kode HTML yang sudah dibuat harus di validasi dengan tools
yang ada seperti W3 Validator.
8. Revisi
atau Update
Kadang saat tampilan
sudah jadi dan sudah dikerjakan oleh web programmer, ternyata desain ada yang kurang
sempurna, ada kesalahan, maka web designer harus membetulkan desain tersebut.
C. Kiat
Pelaksanaan Karya Nyata
Pembuatan
suatu karya desain web dituntut untuk mengetahui pengoperasian multimedia
atau pemograman komputer yang menjadi sarana dalam membuat
sebuah desainseperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia, dll. Adapun kiat
pelaksanaan pembelajaran desain web dapat ditempuh langkah-langkah sebagai
berikut:
1. Memilih
tema yang sesuai fungsi yang direncanakan.
Dalam
pemilihan tema kali ini penulis mengambil tema yang berkaitan dengan Pilkada
2015.
2. Membuat
Bentuk rancangan kasar
Pemilihan
bentuk desain berdasar pada karakteristik media web yang telah dipaparkan
diatas seperti rancangan Desain Web.
3. Membuatwebsite
yang berbeda
a. Website
profil kandidat
Memuat informasi
tentang kandidat atau pasangan calon bupati, konten website ini antara lain :
1. Profil Kandidat
2. Visi Misi Dan Program Kerja
3. Testimoni Tokoh
4. Kiprah Atau Aktifitas
5. Liputan Media
6. Integrasi Dengan Facebook Dan Twitter
b. Website
Portal Berita Kedaerahan.
Memuat konten lokal
yang diharapkan dapat menarik pengunjung lokal dan media cetak setempat. Ada
beberapa tahapan dalam menyajikan konten website yaitu :
• Pada awal konten yang berkaitan dengan
sejarah lokal
• Konten selanjutnya adalah kondisi pemerintahan
sekarang
• Tahap selanjutnya publish kondisi poltik dan
informasi calon semua kandidat
• Tahap lainnya disesuaikan dengan perkembangan
isu dan opini, yang jalas website ini tetap harus bersifat NETRAL dimata
masyarakat.
4. Menentukan
SDM
a.
Website Profil
Untuk membuat website yang pertama, website profil kandidat
dibutuhkan 1 orang ahli desainer website yang akan menggarap pekerjaan :
• Pemilihan Nama Domain Yang Tepat
• Mementukan Hosting Yg Cepat
• Desain Website Sampai Bisa Diakses Dengan
Sempurna
• Mempromosikan Website Agar Cepat Dikenal
Oleh Google Dan Media Sosial
b. Website Portal
Berita
Pembutan portal berita
jauh lebih rumit karena melibatkan 3 tim yang mempunyai pekerjaan berbeda yaitu
:
1. Tim Desainer Website
Tim Desainer adalah
mendesain layout website
2. Tim Konten
Tim konten pekerjaan
yang adalah menulis posting berita minimal 2 kali sehari yang berkaitan dengan
konten lokal
3. Tim Buzzer
Tim Buzzer pekerjaannya adalah
mesosialisasikan wesite dan konten melalui sosial media seperti facebook dan
twitter, tujuannya adalah agar konten bisa menyebar cepat dan menjangkau lebih
banyak orang.
C.
Kendala Yang Dihadapi Dalam Melaksanakan Strategi Yang Dipilih
Beberapa
kendala yang di temui antara lain :
1. Media
Elektonik berupa perangkat keras dan perangkat lunak untuk membuat desain tidak
memadai, Sehingga perlu pengadaan perangkat tersebut.
2. Bahan
dan alat yang digunakan untuk praktek/latihan dalam media desain website
tertentu masih tergolong mahal.
D.
Faktor-Faktor Pendukung
Faktor-faktor
yang mendukung antara lain :
1.
Adanya dukungan dari Penilik Paudni Kecamatan
lengayang Dalam memberikan arahan dan bimbingan untuk selalu berinovasi dan
menjalin jaringan kerja.
2.
Dukungan dari aparat pemerintah dalam
memotivasi untuk terus meningkatkan kreatifitas pengembangan kegiatan PAUDNI.
E.
Tindak lanjut
Berdasarkan kegiatan diatas dapat
ditindaklanjuti dengan upaya-upaya sebagai berikut :
1.
Mensosialisasikankegiatan PAUDNI di website,
portal, dan forum.
2.
Memanfaatkan web, blog, jaringan social
sebagai sarana kampanye.
3.
Pengenalan konsep dasar kepada peserta
didik dasar-dasar desain melalui pendidik pada satuan paudni.
4.
Menjalin kerja sama dengan UKM dalam
bidang informasi.
BAB III
SILABUS DAN RPP
A.
SILABUS
NamaSekolah : LKP MY COMPUTER
MataPelajaran
: KompetensiKejuruan
Class : Team 1 /
2
StandarKompetensi : Mengelola Isi Halaman Web
AlokasiWaktu : 12 Jam @45Menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERIPEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASIWAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Memeriksa Informasi untuk Relevansi dan
Keterkinian
|
·
Konfirmasi
kekerapan revisi situs dengan personil terkait
·
Didapatkan
materi content tambahan dan revisi
dalam bentuk elektronik dari klien
|
·
Membangun
Server Lokal
·
Menginstalasi
Wordpress / Popoji ! Content management system (cms)
Wordpress / Popoji ! Global
Configuration
|
a.
Instalasi Xamp
b.
Siswa
membuka kembali halaman administrasi dari web berbasis Wordpress / Popoji !.
c.
Instruktur
menjelaskan administrasi Wordpress / Popoji ! dalam manajemen artikel.
d.
Siswa
mempraktekkan manajemen artikel di Wordpress / Popoji !.
|
·UjianTertulis
·UjianPraktek
|
12
(12jamTM)
|
-
|
·ModulWeb
Desain
·Manual Dreamweav
er
·Internet
·Komputer
|
B. RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Sekolah
|
:
|
LKP MY Computer
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Produktif
Multimedia
|
Class
|
:
|
TEAM 1 / 2
|
Pertemuan Ke-
|
:
|
1, 2 & 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
12 Jam
Pelajaran ( 3 x Pertemuan @ 4 JP)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mengelola Isi
Halaman Web
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Memeriksa
Informasi untuk Relevansi dan Keterkinian
|
Indikator
|
:
|
|
·
Konfirmasi
kekerapan revisi situs dengan personil terkait
·
Didapatkan
materi content tambahan dan revisi
dalam bentuk elektronik dari klien
·
Konfirmasi
dengan personil terkait mengenai revisi lainnya bila perlu
|
||
A. Tujuan Pembelajaran
|
:
|
|
Setelah
melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu:
·
Mengakses
halaman web dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
·
Mencermati
informasi yang tersaji pada halaman web
·
Mengamati
target pranala (links) luar yang
terdapat pada halaman web
·
Membandingkan
konten/isi halaman web dengan tujuan pembuatan halaman web
·
Mengidentifikasi
kebutuhan akan penambahan dan/atau pengurangan obyek yang terdapat pada
halama web
|
||
B. Materi Pembelajaran
|
:
|
|
·
Membangun
Server Lokal
·
Menginstalasi
Wordpress / Popoji ! Content management system (cms)
·
Wordpress
/ Popoji ! Global Configuration
|
||
C. Metode Pembelajaran
|
:
|
Tutorial dan
praktikum
|
D. Langkah Pembelajaran
|
:
|
|
Pertemuan Kesatu
1.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absensi siswa, memberikan pengantar pengelolaan web.
2.
Kegiatan
Inti (150 menit)
a.
Siswa
duduk sesuai komputer masing-masing.
b.
Instruktur
menjelaskan materi ajar secara tutorial (langkah demi langkah) menggunakan
proyektor LCD.
c.
Siswa
mempraktekkan materi ajar pada komputer masing-masing.
d.
Instruktur
memfasilitasi siswa untuk tanya-jawab.
3.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur menjelaskan
secara singkat tentang fungsi server lokal.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absensi siswa, memberikan ulasan singkat materi sebelumnya.
2.
Kegiatan
Inti (150 menit)
a.
Siswa
melakukan pemeriksaan hasil instalasi server lokal pada pertemuan sebelumnya.
b.
Instruktur
memberikan tutorial instalasi Wordpress / Popoji !
c.
Siswa
mempraktekkan materi ajar pada komputer masing-masing, instruktur bertindak
sebagai pembimbing.
3.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur memeriksa hasil
kerja yang dilakukan siswa.
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absesnsi siswa, mengulas secara singkat materi sebelumnya.
2.
Kegiatan
Inti (150 menit)
e.
Siswa
membuka kembali halaman administrasi dari web berbasis Wordpress / Popoji !.
f.
Instruktur
menjelaskan administrasi Wordpress / Popoji ! dalam manajemen artikel.
g.
Siswa
mempraktekkan manajemen artikel di Wordpress / Popoji !.
3.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur melakukan review
hasil pekerjaan siswa.
|
||
D. Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
:
|
|
1.
Alat
/ Bahan
|
:
|
Komputer, LCD
Projector, Software XAMPP & Wordpress / Popoji ! CMS
|
2.
Sumber
Belajar
|
:
|
Dokumentasi
software terkait, tutorial, buku referensi lain
|
E. Penilaian Hasil Akhir
|
:
|
|
1.
Teknik
Penilaian
|
:
|
Pengamatan dan
observasi
|
2.
Bentuk
Penilaian
|
:
|
Unjuk kerja
|
E.1 Bobot
Penilaian
|
||
1.
Persiapan
2.
Pemahaman
3.
Praktek
|
:
:
:
|
20
30
50
|
TOTAL SKOR
|
:
|
100
|
E.2 Pertanyaan
|
||
1.
Apa
yang dimaksud dengan website?
2.
Apakah
yang dimaksud dengan content management
system (cms) dan sebutkan contohnya!
3.
Software
apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun web berbasis Wordpress / Popoji
! pada personal computer (PC)?
4.
Sebutkan
langkah-langkah instalasi Wordpress / Popoji ! pada server web lokal!
|
||
E.3 Kunci Jawaban
|
||
1.
Website
adalah sekumpulan halaman web yang saling terkait berisi gambar, video, teks,
atau aset digital lainnya yang dialamatkan pada nama domain atau IP yang
sama.
2.
Content Management System (CMS) adalah sebuah aplikasi pengelolaan
konten/isi web yang berupa: teks, gambar, link, dll.
3.
Software
yang diperlukan untuk membangun web berbasis Wordpress / Popoji ! adalah:
a.
Apache
Web Server
b.
PHP
c.
MySQL
Database Server
d.
Wordpress
/ Popoji !
4.
Langkah-langkah
instalasi Wordpress / Popoji !
a.
Siapkan
database MySQL
b.
Download
file-file instalasi Wordpress / Popoji ! dan tempatkan pada direktori server
c.
Jalankan
browser dan ketikkan alamat Wordpress / Popoji ! pada server lokal: http://localhost/Wordpress
/ Popoji untuk memulai instalasi via browser
d.
Ikuti
langkah-langkah instalasi
|
||
Kambang, Juli 2015
|
||
Mengetahui
Kepala LKP MY Computer
Masri, S.Pd
NIP. -
|
Guru Mata Pelajaran
Produktif MM
Masri, S.Pd
NIP. -
|
|
BAB
IV
RPP
DAN BAHAN BELAJAR
A. RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Sekolah
|
:
|
LKP MY Computer
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Produktif
Multimedia
|
Class
|
:
|
TEAM 1 / 2
|
Pertemuan Ke-
|
:
|
1, 2 & 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
12 Jam
Pelajaran ( 3 x Pertemuan @ 4 JP)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mengelola Isi
Halaman Web
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Memeriksa
Informasi untuk Relevansi dan Keterkinian
|
Indikator
|
:
|
|
·
Konfirmasi
kekerapan revisi situs dengan personil terkait
·
Didapatkan
materi content tambahan dan revisi
dalam bentuk elektronik dari klien
·
Konfirmasi
dengan personil terkait mengenai revisi lainnya bila perlu
|
||
A. Tujuan Pembelajaran
|
:
|
|
Setelah
melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu:
·
Mengakses
halaman web dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
·
Mencermati
informasi yang tersaji pada halaman web
·
Mengamati
target pranala (links) luar yang
terdapat pada halaman web
·
Membandingkan
konten/isi halaman web dengan tujuan pembuatan halaman web
·
Mengidentifikasi
kebutuhan akan penambahan dan/atau pengurangan obyek yang terdapat pada
halama web
|
||
B. Materi Pembelajaran
|
:
|
|
·
Membangun
Server Lokal
·
Menginstalasi
Wordpress / Popoji ! Content management
system (cms)
·
Wordpress
/ Popoji ! Global Configuration
|
||
C. Metode Pembelajaran
|
:
|
Tutorial dan
praktikum
|
D. Langkah Pembelajaran
|
:
|
|
Pertemuan Kesatu
4.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absensi siswa, memberikan pengantar pengelolaan web.
5.
Kegiatan
Inti (150 menit)
e.
Siswa
duduk sesuai komputer masing-masing.
f.
Instruktur
menjelaskan materi ajar secara tutorial (langkah demi langkah) menggunakan
proyektor LCD.
g.
Siswa
mempraktekkan materi ajar pada komputer masing-masing.
h.
Instruktur
memfasilitasi siswa untuk tanya-jawab.
6.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur menjelaskan
secara singkat tentang fungsi server lokal.
Pertemuan Kedua
4.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absensi siswa, memberikan ulasan singkat materi sebelumnya.
5.
Kegiatan
Inti (150 menit)
d.
Siswa
melakukan pemeriksaan hasil instalasi server lokal pada pertemuan sebelumnya.
e.
Instruktur
memberikan tutorial instalasi Wordpress / Popoji !
f.
Siswa
mempraktekkan materi ajar pada komputer masing-masing, instruktur bertindak
sebagai pembimbing.
6.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur memeriksa hasil
kerja yang dilakukan siswa.
Pertemuan Ketiga
4.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absesnsi siswa, mengulas secara singkat materi sebelumnya.
5.
Kegiatan
Inti (150 menit)
h.
Siswa
membuka kembali halaman administrasi dari web berbasis Wordpress / Popoji !.
i.
Instruktur
menjelaskan administrasi Wordpress / Popoji ! dalam manajemen artikel.
j.
Siswa
mempraktekkan manajemen artikel di Wordpress / Popoji !.
6.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur melakukan review
hasil pekerjaan siswa.
|
||
D. Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
:
|
|
3.
Alat
/ Bahan
|
:
|
Komputer, LCD
Projector, Software XAMPP &Wordpress / Popoji ! CMS
|
4.
Sumber
Belajar
|
:
|
Dokumentasi
software terkait, tutorial, buku referensi lain
|
E. Penilaian Hasil Akhir
|
:
|
|
3.
Teknik
Penilaian
|
:
|
Pengamatan dan
observasi
|
4.
Bentuk
Penilaian
|
:
|
Unjuk kerja
|
E.1 Bobot
Penilaian
|
||
4.
Persiapan
5.
Pemahaman
6.
Praktek
|
:
:
:
|
20
30
50
|
TOTAL SKOR
|
:
|
100
|
E.2 Pertanyaan
|
||
5.
Apa
yang dimaksud dengan website?
6.
Apakah
yang dimaksud dengan content management
system (cms) dan sebutkan contohnya!
7.
Software
apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun web berbasis Wordpress / Popoji
! pada personal computer (PC)?
8.
Sebutkan
langkah-langkah instalasi Wordpress / Popoji ! pada server web lokal!
|
||
E.3 Kunci Jawaban
|
||
5.
Website
adalah sekumpulan halaman web yang saling terkait berisi gambar, video, teks,
atau aset digital lainnya yang dialamatkan pada nama domain atau IP yang
sama.
6.
Content Management System (CMS) adalah sebuah aplikasi pengelolaan
konten/isi web yang berupa: teks, gambar, link, dll.
7.
Software
yang diperlukan untuk membangun web berbasis Wordpress / Popoji ! adalah:
e.
Apache
Web Server
f.
PHP
g.
MySQL
Database Server
h.
Wordpress
/ Popoji !
8.
Langkah-langkah
instalasi Wordpress / Popoji !
e.
Siapkan
database MySQL
f.
Download
file-file instalasi Wordpress / Popoji ! dan tempatkan pada direktori server
g.
Jalankan
browser dan ketikkan alamat Wordpress / Popoji ! pada server lokal: http://localhost/Wordpress
/ Popoji untuk memulai instalasi via browser
h.
Ikuti
langkah-langkah instalasi
|
||
Kambang, Juli 2015
|
||
Mengetahui
Kepala LKP MY Computer
Masri, S.Pd
NIP. -
|
Guru Mata Pelajaran
Produktif MM
Masri, S.Pd
NIP. -
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
2
Sekolah
|
:
|
LKP MY Computer
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Produktif
Multimedia
|
Class
|
:
|
TEAM 1 / 2
|
Pertemuan Ke-
|
:
|
4 s/d 6
|
Alokasi Waktu
|
:
|
12 Jam
Pelajaran ( 3 x Pertemuan )
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mengelola Isi Halaman
Web
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Memeriksa links dan navigasi
|
Indikator
|
:
|
|
·
Software
link-checking dipilih dengan tepat,
dijalankan untuk menguji links dan
memeriksa keterkinian links yang
ada.
·
Dokumen
laporan disimpan sesuai dengan persyaratan teknis dan organisasi.
|
||
A. Tujuan Pembelajaran
|
:
|
|
Setelah
melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu:
·
Mengakses
halaman web dengan software yang telah ditentukan dengan baik dan benar
·
Memilih
software link checking yang tepat
sesuai tujuan
·
Mengoperasikan
software link-checking sesuai
dengan aturan penggunaannya
·
Mengidentifikasi
target links yang terdapat pada halaman web klien, baik yang ke dalam maupun
yang ke luar dengan cermat
·
Mengakses
obyek navigasi dan membandingkan dengan kriteria navigasi yang baik secara
cermat dan teliti
·
Membuat
laporan tertulis tentang hasil pengidentifikasian links dan pengamatan obyek navigasi dengan rapi
|
||
B. Materi Pembelajaran
|
:
|
|
·
Memeriksa
link pada website menggunakan
fasilitas online link checker
·
Manajemen
menu/navigasi web berbasis Wordpress / Popoji !
·
Manajemen
weblinks dalam sebuah website
·
Membuat
site map website
|
||
C. Metode Pembelajaran
|
:
|
Tutorial dan
praktikum
|
D. Langkah Pembelajaran
|
:
|
|
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan
Awal (15 menit)
Membuka kelas dengan salam,
absensi siswa, memberikan ulasan singkat materi sebelumnya.
2.
Kegiatan
Inti (150 menit)
a.
Instruktur
menunjukkan langkah-langkah pemeriksaan links
pada situs resmi LKP MY Computer yang
beralamat di: http://lkp.mycomputer.or.id menggunakan aplikasi online link-checker http://validator.w3.org/checklink .
b.
Instruktur
menjelaskan hasil pemeriksaan yang diperoleh.
c.
Instruktur
menjelaskan secara tutorial pembuatan links
navigasi, link di dalam
artikel, pembuatan daftar weblinks, dan siswa mempraktekkan pada
website lokal masing-masing.
3.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur memeriksa hasil
kerja yang dilakukan siswa dan memberikan tugas (pekerjaan rumah)
Pertemuan Kelima
1.
Kegiatan
Awal (30 menit)
Instruktur membuka kelas
dengan salam, absensi siswa, memberikan ulasan singkat materi sebelumnya, dan
memeriksa tugas (pekerjaan rumah) siswa.
2.
Kegiatan
Inti (135 menit)
a.
Instruktur
menjelaskan tutorial dalam melakukan instalasi komponen Wordpress / Popoji !
(Xmap atau JooMap) untuk membuat site
map.
b.
Siswa
melakukan praktek membuat menu navigasi untuk website sekolah. Instruktur
mendampingi sebagai pembimbing.
3.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
Instruktur memeriksa hasil
kerja siswa dan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
Pertemuan Keenam
1.
Kegiatan
Awal (30 menit)
Instruktur membuka kelas
dengan salam, absensi siswa, memberikan ulasan singkat materi sebelumnya, dan
memeriksa tugas (pekerjaan rumah) siswa.
2.
Kegiatan
Inti (120 menit)
a.
Instruktur
menjelaskan langkah-langkah mendesain navigasi sebuah website.
b.
Siswa
melakukan desain menu navigasi web dan menerapkannya pada website lokal
masing-masing.
3.
Kegiatan
Akhir (30 menit)
Instruktur memeriksa hasil
kerja yang dilakukan siswa dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk menilai
pemahaman siswa terhadap rangkaian materi.
|
||
D. Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
:
|
|
1.
Alat
/ Bahan
|
:
|
Komputer, LCD
Projector, Software XAMPP &Wordpress / Popoji ! CMS
|
2.
Sumber
Belajar
|
:
|
Dokumentasi
software terkait, tutorial, buku referensi lain
|
E. Penilaian Hasil Akhir
|
:
|
|
1.
Teknik
Penilaian
|
:
|
Pengamatan dan
observasi
|
2.
Bentuk
Penilaian
|
:
|
Unjuk Kerja dan
Tugas Rumah
|
E.1 Bobot
Penilaian Konsep
|
||
1.
Persiapan
2.
Pemahaman
3.
Praktek
|
:
:
:
|
20
30
50
|
TOTAL SKOR
|
:
|
100
|
E.2 Pertanyaan
|
||
1.
Apakah
tujuan pemeriksaan links
menggunakan link checker?
2.
Sebutkan
fasilitas link checker yang
terdapat di internet secara online?
3.
Apakah
yang dimaksud dengan site map?
|
||
E.3 Kunci Jawaban
|
||
1.
Tujuannya
adalah untuk mendeteksi keadaan seluruh link
yang terdapat pada suatu website. Kondisi link
dikatakan baik apabila link dan
halaman/sumber daya yang dituju terhubung.
2.
Terdapat
banyak fasilitas link checker di
internet secara online tanpa harus diinstal, di antaranya:
d.
Dll.
3.
Site Map atau Peta Situs adalah gambaran tentang
halaman-halaman web internal yang dihubungkan oleh links menu navigasi.
|
||
Kambang, Juli 2015
|
||
Mengetahui
Kepala LKP MY Computer
Masri, S.Pd
|
Guru Mata Pelajaran
Produktif MM
Masri, S.Pd
|
|
B. BAHAN BELAJAR
PROFESI PENGEMBANG WEBSITE
Tumbuhnya
internet makin lama makin sangat diperlukan oleh segala lapisan masyarakat,
mulai dari kalangan pelajar sampai kepada kalangan bisnis. Dengan adanya World
Wide Web membuat dunia informasi semakin diminati dan dirasakan kegunaannya,
dimulai dari penayangan profil hingga ke jalur transaksi sudah banyak dilakukan
melalui web di masing-masing situs milik masing-masing. Kebutuhan seperti ini
menimbulkan banyak profesi-profesi baru didalam dunia internet, diantarnya :
-
Web Designer
-
Web Programmer
-
Web Administrator
-
Web Master
-
Web Developer
Web Designer
Tugasnya
adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata
letak, warna, dsb. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus
menguasai :
-
HTML, DHTML
-
Pengolah Gambar
-
Animasi, Movie (Film)
Gaji yang bisa didapat : Rp. 1.500.000 - Rp.
4.000.000
Web Programmer
Jika
situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs
misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka
seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat
aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya
harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
-
CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
-
ASP (NT base)
-
Java Script dan Applet
Gaji yang bisa didapat : Rp. 2.000.000 - Rp.
5.000.000
Web Administrator
Tugasnya
adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server,
baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya
seorang Web Administrator harus menguasai :
-
OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
-
OS NT
-
Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
-
Keamanan Server
Gaji yang bisa didapat : Rp. 2.000.000 - Rp.
5.000.000
Web Master
Seoarang
Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain,
program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke
masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu
situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
-
HTML, DHTML
-
CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
-
Penguasaan bermacam OS (Operating System)
-
Keamanan Server
-
Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
Gaji yang bisa didapat : Rp. 3.500.000 - Rp.
7.000.000
Web Developer
Kegiatan
diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer.
SEJARAH WEBSITE
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung
dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika
merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui
informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April
1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Situs Web
Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situsadalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait,
terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan
setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan
seperti internet, ataupun jaringan
wilayah lokal (LAN)
melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.
Gabungan atas semua situs yang dapat
diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan
WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses
publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan
bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk
melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk
dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web
tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain.
Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati
privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Situs Web Statis
Situs web statis merupakan situs web
yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga
pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara
manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan
situs web statis:
·
Editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk
menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
·
Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman
web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta
pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh
pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari
laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft
Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
·
Editor berbasis
templat, beberapa utilitas tertentu seperti
Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web
tanpa harus mengetahui bahasa HTML,
melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat
memilih templat yang
akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna
dan menjadikannya halam web secara otomatis.
Situs Web Dinamis
Situs web dinamis merupakan situs web
yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat
diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang
terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu
periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang
umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.
Untuk memungkinkan server web
menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server
web dilengkapi dengan mesin
penerjemahbahasa
skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.
Struktur berkas sebuah situs web
dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web
statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web.
Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis
umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web
yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen
pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.
Organisasi ICANN
Singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names
and Numbers, adalah organisasi
nirlaba yang
didirikan pada 18
September1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998. Organisasi yang berkantor pusat
di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi
beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung
atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned
Numbers Authority (IANA).
CARA KERJA WEBSITE
Bagaimana cara kerja website? Cara
kerja website pada dasarnya yaitu input, proses dan output. Website
adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet
sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan
internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari
teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya. Sehingga lebih
merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Semua website pasti
mempunyai domain dan web server. Domain bisa kita analogikan sebagai alamat
rumah, sedangkan web server sebagai rumah untuk menyimpan berbagai perabotan
rumah tangga.
Bagaimana cara website bekerja?
1.
Pertama, misal Anda ingin
mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.
2.
Tentunya Anda terlebih dahulu akan
menjalankan aplikasi web browser baik itu Internet Explorer, Mozilla, Chrome,
Opera, dan lain sebagainya yang telah terkoneksi internet.
3.
Anda lalu mengetikan URL (Uniform
Resource Locator) atau domain di web browser, misal www.google.com atau google.com.
4.
Nah pada saat itu domain yang
Anda ketikkan tersebut perlu diterjemahkan menjadi alamat IP karena
komputer Anda sebenarnya hanya bisa mengakses alamat IP. Tugas penerjemahan ini
dilakukan oleh Domain Name System (DNS), karena itu komputer Anda akan
meminta bantuan DNS server yang terdaftar untuk menerjemahkan nama domain
tersebut. DNS server menemukan alamat google.com dan memberikan alamat IP-nya
kepada browser Anda. Browser Anda segera menuju server dengan alamat IP yang
didapatkan dari DNS server dan meminta halaman yang tersedia didalam web server
tersebut.
5.
Setelah web server menerima
permintaan (request), web server lalu akan memprosesnya (process)
dan memberikan hasil data (output). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat
ilustrasi gambar cara kerja website di bawah ini.
Perancangan web (web design) adalah istilah umum yang digunakan
untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.
Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar,
suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.
Konten
Elemen-elemen seperti teks, forms, images (GIFs, JPEGs, Portable Network Graphics) dan video dapat diletakkan di dalam halaman menggunakan tag-tag HTML/XHTML/XML. Browser terkadang juga memerlukan Plug-ins
seperti Adobe Flash, QuickTime, Java, dan sebagainya untuk menampilkan beberapa media yang diletakkan di
dalam halaman web menggunakan tag-tag HTML/XHTML.
Halaman web dan situs web dapat berupa
halaman statis, atau dapat diprogram secara dinamis sehingga menghasilkan
halaman web dengan konten atau tampilan visual yang diinginkan, tergantung pada
berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir, masukan dari Webmaster,
atau perubahan dalam lingkungan komputasi (seperti situs yang terkait dengan database yang telah diubah).
- Bahasa
Mark-up (seperti HTML, XHTML dan XML)
- Gaya
lembar bahasa (seperti CSS dan XSL)
- Client-side scripting (seperti JavaScript dan VBScript)
- Server-side scripting (seperti PHP dan ASP)
- Teknologi
database (seperti MySQL dan PostgreSQL)
- Teknologi
multimedia (seperti Flash dan Silverlight)
PERANCANG WEB
Perancang web atau desainer web (web designer) adalah orang yang memiliki keahlian
menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain
seperti televisiinternet, Microblogging, RSS, dan sebagainya.
Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi
dan bidang teknologi informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang
jelas antara web design khusus untuk halaman web dan pengembangan web secara
keseluruhan dari semua layanan berbasis web.
Layanan hos internet adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau
individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.
Peladen hos terdiri dari sebuah server
atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet
berkecepatan tinggi.
Ada beberapa jenis layanan host yaitu
hos berbagi, server dedikasi, VPS, dan server kolokasi.
Hos berbagi
Hos berbagi adalah layanan hos di mana
sebuah akun hos ditaruh bersama-sama beberapa akun hos lain dalam satu server
yang sama, dan memakai pelayanan bersama-sama.
Server Dedikasi dan VPS
Server terdedikasi adalah server yang
dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa
dioperasikan dalam hos berbagi atau VPS. Server-server tersebut bisa disediakan
sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada
penyewa.
Server maya terdedikasi (VPS), server
ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang
dipergunakan. Oleh sebab itu maka di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi
yang berjalan secara bersamaan
Kolokasi
Kolokasi adalah sebuah tempat yang
dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau
ruangan (pusat data). Server-server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam
kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, server VPN dan
berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.
Server kolokasi
Server kolokasi adalah server yang
dititipkan disuatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet
tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, dan pendingin ruangan, dan
rack tempat meletakkan server. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan
dikelola sendiri oleh pelanggan. Pelanggan tidak diharuskan menyewa server pada
penyedia jasa internet.
ALUR PROSES PEMBUATAN WEBSITE
LANGKAH DAN ALUR STRUKTUR PEMBUATAN WEBSITE
Dalam membuat perencanaan, seseorang biasanya
melalui tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk
mempermudah dan memfokuskan segala ide yang ada agar lebih teratur. Setiap
desainer Web memang memiliki kebebasan bagaimana ia akan membangun sebuah
halaman Web, sebenarnya, yang diinginkan oleh klien adalah hasil akhir, mereka
tidak peduli sama sekali akan proses pembuatan situs Web tersebut.
Sadar atau tidak, diketahui atau tidak,
kebanyakan desainer Web secara Alami melalui tahapan ini ketika membangun
desain Web, saya pun demikian. Namun karena ketidak-tahuan tersebut, kita tidak
terpaku pada alur, terkadang sering juga melompat-lompat. Tahap-tahap tersebut
adalah:
1. HEADING DENGAN LOGO DAN TITEL
Hal
pertama yang Anda bangun adalah Heading dengan Logo dan Titel. Secara umum
bagian header akan sangat menentukan Look and Feel dari sebuah situs Web.
Terlebih bila logo sudah ditetapkan sebelumnya (sudah ada) tentunya Anda tak
ingin tampilan kacau gara-gara logo tidak sesuai dengan desain bukan? Ok, kita
ambil kasus desain Web sebuah organisasi exportir-importir yang baru-baru ini
saya kerjakan. Organisasi tersebut memiliki logo yang sangat sederhana.
2. TATA LETAK DASAR HALAMAN
Kemudian
kita berlanjut kepada tataletak dasar dari situs Web tersebut. Tata letak ini
lah saatnya kita mengembangkan daya khayal, pikiran, dan kreasi mengenai apa
yang telah kita tetapkan dalam sketsa kertas, yang sebagian telah kita tuangkan
dalam header. Pada bagian ini, kita mulai menentukan kolom-kolom yang akan kita
pergunakan. Anda dapat mempergunakan garis guides untuk membantu menandai area
satu dengan yang lainnya.
3. NAVIGASI
Navigasi
adalah hal yang harus dipikirkan kemudian setelah tataletak di tentukan. Dala
menentukan navigasi ini, Anda harus berpikir ekstra, karena navigasi yang baik
tidak hanya eye-catching dan mudah dikenali, tapi juga harus mudah dibaca dan
diakses.
4. GRAFIS
Setelah
bingung berpikir menentukan heading, dan navigasi, saatnya kita melangkah
kepada hal yang lebih menuntut kreatifitas dan daya khayal kita. Grafis disini
adalah pengolahan dari foto yang sudah ada agar sesuai dengan tataletak yang
sudah dibuat sebelumnya. Dalam membuat situs profil, grafis ini merupakan bagian
yang paling eye-catching, jadi kerahkan ide yang ada agar dapat mendongkrak
tampilan secara keseluruhan.
5. KONTEN, HEADING DAN FORM
Pada
tahap ini, biasanya saya memerlukan waktu lebih lama untuk mendesain, terkadang
sampai satu hari penuh, 2 hari atau 3 hari. Masukan konten-konten yang akan
mengisi halaman Web, tentukan juga dimana harus meletakan form. Pertimbangan
dan feeling Anda akan estetika, tipografi, dan whitespace s angat diperlukan
disini. Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah,
pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan
tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
6. FOOTER DAN COPYRIGHT
Bagian
ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini,
nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer
dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
Apa Itu Web Desain
Berawal
dari pertemuan dengan seorang teman lama, yang kebetulan bergerak dalam bisnis
desain grafis atau cetak, dia mengutarakan ketertarikannya untuk menjadi
seorang web designer, tanpa mengetahui dari mana dia harus belajar untuk
menjadi seorang web desainer dan apa sebenarnya web desain itu sendiri..
Apa sih sebenarnya web desain dan apa itu web
desainer?
Pada beberapa glossary yang saya temukan di
internet, web desain di deskripsikan
Web desain adalah sebuah seni dan proses
penciptaan sebuah halaman web dan atau situs secara keseluruhan, termasuk
didalamnya segi estetika dan mekanisme situs, walau secara umumnya terfokus
pada “Look and Feel” dari ebuah situs.
Adalah menjadi tugas seorang web desainer
untuk menentukan aspek aspek desain dan mekanisme sebuah situs, mulai dari
penentuan warna dasar, tata letak situs, pemilihan font dsb. Bahkan sampai
pemilihan bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk menciptakan sebuah situs
yang telah di rancang.
Tidaklah mudah untuk menciptakan sebuah situs
yang bagus dan sesuai dengan keinginan customer kita, dalam proses pembuatan
situs sering kali seorang desainer di hadapkan pada permasalahan
loading time yang lambat, web safe color, bahkan sampai ke komptabilitas di
browser.
Warna Dalam Desain Web
Begitu pentingnya pemilihan warna dalam
sebuah proses desain web. anda tentu akan merasa tidak nyaman jika mengunjungi
sebuah situs bertemakan daun teh, tapi ditampilkan dengan warna hitam dan
merah.
Ada tiga pilihan jenis situs bagi pengiklan
untuk memasarkan produknya:
1. situs bertujuan (destiniation sites), yang menggunakan
informasi, hiburan, dan barang-barang produksi bernilai tinggi untuk meraih
user dan membawa mereka kembali;
2. situs mikro (micro-sites), sebuah kanal kecil yang
terdapat di situs atau jaringan tempat kita beriklan;
3. kampanye banner (banner campaign) dan web advertising
berbiaya rendah lainnya seperti sponsorhip. Produk yang dapat dijual secara
online dan mudah dikiirim, atau dapat dikirim secara digital seperti musik,
tiket, buku dan software, dapat menggunakan situs bertujuan (destination
sites). Hal ini untuk mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan brand
awareness dan dukungan purna jual. Tetapi bila Internet tidak memungkinkan
perusahaan Anda menawarkan produk dengan lebih cepat, lebih murah atau lebih
baik, sebaiknya Anda tidak memilih situs bertujuan.
Kemudian, penjualan produk yang kompleks
seperti komputer, mobil, dan hasil-hasil industri lainnya dapat menggunakan
situs Web untuk menghemat biaya, dan juga menyediakan layanan untuk menerangkan
detail spesifikasi, konfigurasi, dan memperoleh dukungan produk secara online.
Situs Bertujuan (Destination Sites)
Situs
bertujuan merupakan pilihan bijak jika perusahaan berniat menggunakan Internet
sebagai sarana full-fledge, untuk pertukaran informasi dengan pelanggan,
seperti dalam penjualan buku. Pengiklan yang akan membangun destination sites
harus memiliki pengalaman yang matang. Sebuah perusahaan bisa membelanjakan
miliaran rupiah untuk membangun sebuah destination sites dan lebih banyak lagi
untuk biaya pemeliharaannya. Sebuah situs yang tanggung (half-baked), hanya
akan menghancurkan merek. Jangan anggap remeh jumlah interaksi dengan pelanggan
yang terjadi. Anda harus memiliki tim customer service untuk menjawab seluruh
e-mail yang masuk selama tujuh hari dalam seminggu.
Kedua,
lisensi, bukan isi. Kebenaran isi menunjukkan citra pengiklan yang
sesungguhnya. Ketika Toyota pertama kali berkecimpung dalam Web, mereka
menciptakan tujuh majalah lifestyle yang berbeda. Sekarang, hanya “Car Culture”
yang diingat dan besar kemungkinan menjadi penerbitan kendaraan besar. Hal ini
mengajarkan bahwa isi haruslah berkaitan dengan jenis usaha.
Ketiga,
promosi. Setiap kali situs baru diluncurkan, perusahaan harus mempromosikannya.
Perusahaan yang bijak akan mengalokasikan setidaknya 20 persen dari keseluruhan
dana interaktif mereka untuk mempromosikan situs online-nya. Perusahaan juga
dapat mencantumkan alamat situs dalam iklan media cetak maupun televisi,
kemasan produk dan lain-lain. Bisa juga digunakan pencantuman dalam search
engine dan trading link dengan situs lain.
Situs Mikro (Micro-Sites)
Situs
mikro memungkinkan pengiklan mengkomunikasikan keuntungan produk lebih mendalam
dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan tanpa mengeluarkan biaya
sebagaimana situs Web yang full-blown. Bagi para pengiklan yang menawarkan
produk seperti busana dan alat-alat rumah tangga harus memperhatikan hal-hal
berikut:
1. Menempatkan situs mikro di mana khalayak
berada. Konon tiga juta dollar AS dibelanjakan Levi’s untuk menempatkan situs
mikronya pada semua situs-situs anak muda ternama selama berbulan-bulan.
Perusahaan alat-alat rumah tangga seperti Whirpool harus melekatkan
produk-produk terpilihnya di berbagai situs seperti remodeling.hw.net.
2. Petunjuk pemeliharaan merupakan bagian
periklanan. Penyamaran kandungan komersial seperti dikemukakan dalam tajuk
rencana alam mengurangi atau merusak kepercayaan terhadap citra merek yang
ingin dibangun.
MEMBANGUN SITUS WEB
Salah satu persoalan yang segera menghadang
di depan Anda ketika akan memulai bisnis E-Commerce adalah persoalan sumber
daya. Ya, Anda butuh membangun situs sebagai basis bisnis Anda. Untuk itu, Anda
mau tidak mau harus merekrut tenaga-tenaga baru untuk membangun situs Web
bisnis Anda, lengkap dengan peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Ini
berarti Anda harus menyediakan modal khusus yang tidak sedikit, mencapai
ratusan juta rupiah. Belum lagi, Anda harus menyediakan pelayanan terhadap
pelanggan (customer service), termasuk pelayanan purna jual.
Jangan berkecil hati. Masih ada cara lain
yang bisa Anda tempuh tanpa harus kehilangan lebih banyak uang dan pelanggan
potensial. Anda bisa menghubungi situs Web yang menyediakan jasa bisnis online,
mulai dari pembangunan situs sampai penjualan produk dan jasa.
Resep Sukses Penjualan Online
Membeli barang secara online di Internet
tidak seperti membeli barang di toko biasa. Anda tidak pernah melihat produk
atau mencobanya. Tidak juga bisa berbicara pada siapa pun yang menjualnya.
Seolah-olah Anda hanya mengirimkan order pemesanan ke cyberspace dan
mengharapkan yang terbaik.
Kemungkinan Anda bisa mendapatkan barang pada
esok harinya atau mendapatkan e-mail yang berbunyi, “Maaf, barang yang Anda
pesan tidak tersedia. Hal-hal seperti inilah yang masih meragukan konsumen
ketika berbelanja secara online. Untuk mengatasinya, Anda sebagai merchant harus
bisa menumbuhkan rasa percaya di benak konsumen.
Berikut adalah rahasia sukses yang membuat
situs lain sukses dan menjadi besar. Jika Anda ingin sukses, Anda harus
melakukan segala sesuatu yang tertulis di bawah ini. Anda mungkin berpikir
begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Namun ini adalah hal yang wajar. Saya
akan merasa curiga bila ada nasihat sukses bisnis di Internet yang tidak
melibatkan banyak pekerjaan. Tapi orang yang sukses di bisnis online, bukanlah
tipe yang senang membuang-buang waktu mereka. Jika mereka melakukan sesuatu,
maka hal ini benar-benar suatu yang harus dilakukan untuk sukses.
Metodologi
Pengembangan Aplikasi Web
Metodologi
adalah cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan. Kata metodologi banyak digunakan dalam manajemen proyek.
Karena kesuksesan proyek juga ditentukan oleh pemilihan metodologi yang akan
digunakan dalam proyek itu. Demikian juga dalam proyek pengembangan aplikasi
website kita memerlukan metodologi yang tepat agar dapat menghasilkan aplikasi
web sesuai yang diinginkan.
Berikut
adalah metodologi pengembangan web yang biasa saya gunakan:
- Fase
requirement, pada fase ini saya mencoba mencari tahu beberapa pertanyaan
berikut:
- apa yang dibutuhkan?
- apa tujuan dari aplikasi ini?
- apa yang ingin dicapai?
- apakah ada referensi atau contoh?
- siapa sasaran penggunaan aplikasi ini?
Setelah
memperoleh jawaban dari pertanyaan itu maka saya baru memulai fase berikutnya.
- Fase
penentuan feature dan fungsi, pada tahapan ini berdasarkan hasil
penelusuran kebutuhan dari aplikasi maka saya menentukan feature dan
fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Feature
dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru
kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya pada
aplikasi CMS salah satu feature utama adalah blog, kemudian feature blog
didefenisikan seperti feature tagging, category, comment, dsb. Pada
tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan
fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
- Fase
pengumpulan data, konten, gambar, dan file lain yang dibutuhkan dalam
pengembangan aplikasi. Berdasarkan daftar feature dan fungsi yang akan
dikembangkan maka saya akan mengumpulkan data-data dan file yang
diperlukan untuk feature dan fungsi tersebut.
- Fase
analisa dan perancangan, pada tahapan ini saya mencoba menganalisa data
yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil
analisa kedalam sebuah rancangan. Misalnya berdasarkan feature yang ada
maka saya merancang tabel database yang dibutuhkan oleh tiap feature.
Berdasarkan konten dan data yang ada saya juga melakukan perancangan
tampilan aplikasi. Selain itu saya juga menyusun struktur aplikasi seperti
menu, sitemap, dsb.
- Fase
coding, pada tahapan ini saya memulai menulis kode program. Biasanya
dimulai dengan mengubah template dari file image Firework ke html. Setelah
itu membuat kerangka aplikasi seperti struktur folder dan file dan memulai
pengembangan fungsi untuk tiap feature.
- Fase
setup and testing, pada tahapan ini saya melakukan setup di server dimana
aplikasi web nanti akan akan dijalankan. Tentu setelah melakukan testing
di komputer lokal terlebih dahulu dan memastikan bahwa semua fungsi
berjalan baik. Pada server juga akan dilakukan testing untuk memastikan
aplikasi dapat berjalan baik pada server tersebut. Pada tahapan ini juga
akan dilakukan beta test dimana beberapa orang akan mencoba menggunakan
aplikasi dan memberikan komentar atau feedback terkait dengan fungsi
aplikasi.
- Fase
launching, pada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada
server maka saya akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya.
Beberapa diantaranya adalah melakukan posting di forum, aplikasi social
network seperti facebook, membuat posting di blog, dan sosialisasi
lainnya.
TOOLS UNTUK PENGEMBANGAN WEB
Tools atau peralatan dalam
mengembangkan aplikasi merupakan bagian penting karena akan sangat membantu dan
mempersingkat proses pengembagan. Tools atau peralatan yang dimaksud disini
adalah perangkat lunak yang atau software digunakan dalam proses pengembangan
website. Pemilihan tools yang tepat tentu memberi keuntungan bagi developer
karena selain menghemat waktu dan tenaga tentu klien juga akan lebih puas
karena proyek bisa beres lebih cepat. Untuk itu tulisan ini akan mengulas tools
yang digunakan dalam proses pengembangan dari design hingga implementasi.
Alat Desain
Pada tahap perancangan mengenai
bagaimana website akan dibuat biasanya termasuk perancangan tampilan, dan
struktur database. Perancangan disini tidak termasuk perancangan bisnis proses
atau fungsi dari website tersebut karena biasanya bisnis proses saya cuma
menggunakan kertas dan menulis alur atau proses dari fungsi website tersebut.
Perancangan tampilan dengan
Adobe Firework (komersil)
Perancangan tampilan biasanya saya
menggunakan Adobe Firework
dibandingkan menggunakan Adobe Photoshop. Kenapa? karena Adobe Firework
memiliki tampilan dan tools yang memang disiapkan untuk prototyping tampilan
website. Tersedianya komponen seperti input box, drop down, check list, dan
komponen form web lainnya memudahkan kita untuk membuat prototype halaman
website. Selain itu Adobe Firework
juga memilki akses cepat ke filter dan efek Photoshop yang lazim digunakan pada
grafis web seperti gradient dan shadow. Dan yang paling penting adalah
kemudahan memotong atau slicing pada Adobe
Firework membuat kita
dapat dengan cepat mengubah hasil rancangan tampilan dari grafik menjadi HTML.
Perancangan Database
PhpMyAdmin (gratis) dan
Sequel Pro (gratis)
Biasanya untuk aplikasi web yang
tinggal implementasi seperti Wordpress / Popoji tidak memerlukan perancangan
database. Tapi untuk aplikasi web yang dibangun dari awal akan memerlukan
perancangan tabel-tabel yang diperlukan pada database. Biasanya saya menulis di
kertas tabel dan kolom apa saja yang diperlukan dalam aplikasi web saya.
Setelah itu baru dibuat tabelnya pada database. Pada pembuatan saya biasanya
menggunakan Sequel Pro namun aplikasi ini hanya tersedia di
platform Mac. Tampilannya yang sederhana membuat saya lebih cepat membuat
tabel-tabel yang diperlukan yang sebelumnya telah dirancang sebelumnya.
Selain itu Sequel Pro juga melakukan perubahan langsung
pada database tanpa menekan tombol save atau semacamnya. Jadi perubahan yang
anda lakukan pada database akan berdampak langsung pada database sehingga bisa
mempersingkat waktu. Namun bila anda bekerja di platform lain selain Mac anda
bisa juga menggunakan PhpMyAdmin yang biasanya sudah di paket dengan
aplikasi web server untuk pengembangan. Bila tidak anda bisa dengan mudah
mendownload dan memasangnya pada web server anda. Fitur PhpMyAdmin yang lengkap dan powerfull membuat
anda dengan mudah melakukan sebagian besar fungsi database dengan aplikasi ini.
Terkadang saya juga menggunakan PhpMyAdmin karena adanya keterbatasan pada Sequel Pro.
Implementasi website pada webserver
MAMP (gratis), dan XAMPP
(gratis)
Untuk menjalankan aplikasi website
kita memerlukan web server. Pada platform Mac kita dapat menggunakan versi
komunitas dari MAMP untuk pengembangan. MAMP merupakan paketan dari web server Apache, PHP, dan
database MySQL. Sedangkan untuk paketan yang sama pada Windows anda dapat
menggunakan XAMPP. Fungsi
keduanya sama yaitu menyediakan webs server yang dengan mudah diinstall pada
komputer anda tanpa perlukan melakukan instalasi satu persatu komponen dari web
server. Dengan demikian anda dapat memastikan aplikasi web anda berjalan dengan
baik sebelum melakukan implementasi pada server online anda di internet.
Itulah beberapa tools atau perangkat
lunak yang saya gunakan dalam pengembangan aplikasi web sehari-hari.
Free Hosting / Web Hosting Gratis
Diluar sana terdapat banyak layanan
Web Hosting Gratis, tetapi biasanya jenis hosting seperti ini tidaklah
benar-benar gratis. Ada ‘balasan jasa’ yang harus anda ‘bayar’ ketika anda
memakai hosting gratis tersebut, diantaranya adalah memperbolehkan iklan mereka
tayang di situsmu, atau sebuah link/tautan dipasang di bagian footer situs
anda, atau pembatasan fitur dengan opsi upgrade, dsb. Belum lagi semua Database
situsmua adalah milik mereka, artinya, kapan saja mereka bisa stop memberikan
pelayanan tanpa perlu persetujuan atau penjelasan kepada anda. Sehingga jenis
layanan Free Hosting biasanya sangat tidak bisa diandalkan, bila anda ingin
menjalankan sebuah website bisnis serius.
Free Hosting / Web Hosting Gratis biasanya dijalankan oleh individu
yang memiliki kapasitas hosting berlebih, yang kemudian dimanfaatkan dengan
cara meyewakannya kembali kepada orang lain untuk menutup biaya servernya
sendiri. Penawaran layanan hosting gratis seperti ini mudah ditemukan di
forum-forum besar atau bahkan berbentuk situs penawaran hosting gratis.
Jika anda serius dengan bisnis online anda maka sebaiknya
hindari memakai Free Hosting / Hosting Gratis.
Shared Hosting / Web Hosting Berbagi
Shared Hosting adalah jenis pelayanan server hosting
yang paling banyak dipakai saat ini, baik oleh para pemula maupun para veteran
disaat situs mereka masih kecil. Alasannya simpel, mereka tidak perlu
mengeluarkan biaya besar disaat situs masih kecil. Dengan harga sekitar
Rp.200.000-Rp.600.000/tahun (tergantung paket dan biasanya sudah termasuk harga
Domain) anda telah dapat memiliki sebuah shared hosting yang handal dan
berkualitas.
Shared Hosting Server atau Server Hosting Berbagi
adalah tempat dimana situsmu bersama-sama dengan situs-situs milik orang lain
berbagi menggunakan sebuah Server besar. Dengan cara menempatkan banyak situs
ke dalam sebuah server besar, perusahaan Hosting Provider dapat memberikan
layanan jasa hosting yang lebih murah kepada pelanggannya. Tetapi cara ini
bukannya tanpa kelemahan, yaitu anda harus berbagi sumber daya server bersama
dengan situs orang lain juga. Sehingga tidak ada yang namanya sumber daya
‘Unlimited’ (Unlimited Resource) seperti yang sering anda lihat di kebanyakan
iklan dan daftar pelayanan Hosting Provider terkenal seperti Hostgator,
Godaddy, BlueHost, Idwebhost dll. Kata ‘unlimited’ disini hanya trik marketing
saja.
Mengapa seperti itu? karena sama
seperti komputer rumah atau laptop anda, setiap Server ada batas kemampuannya.
Walaupun sumber daya sebuah server jauh diatas komputer rumah, tetap saja suatu
saat limit itu akan tercapai jika semua sumber dayanya telah terpakai. Diantara
banyak faktor-faktor lain, lalu lintas/traffic situs yang besar adalah salah
satu faktor yang berpotensi membebani sebuah server. Jika hal ini terjadi maka
biasanya Hosting Provider akan ‘memaksa’ secara halus agar segera meng-upgrade
web hosting ke paket yang lebih tinggi. Karena jika tidak, kinerja situs tadi
bisa mengganggu keseluruhan kinerja dari situs-situs lain yang bertempat di
Shared Hosting Server tersebut.
Terlepas dari semua itu, Shared
Hosting adalah yang paling banyak dipakai karena prinsip ekonominya. Yaitu
ketika situsmu masih kecil anda perlu menekan biaya pengeluaran dengan
menggunakan layanan paket shared hosting murah untuk menekan biaya diawal.
Kemudian sebanding dengan semakin besarnya situs maka anda juga diharuskan
memakai layanan web hosting yang lebih besar, yang artinya semakin mahal juga.
That’s fair and economist. Pembagiaan paket Shared Web Hosting ada beragam
macam menurut besar kapasitas server dan harga.
Shared Hosting adalah solusi yang terbaik untuk bisnis
kecil dan menengah atau personal.
Managed Hosting
Managed Hosting / Web Hosting Terkelola
ini adalah web hosting yang dikhususkan untuk situs dengan Platform
yang sama. Seperti misalnya Managed Wordpress / Popoji Hostingmaka web
hosting tersebut hanya dikhususkan untuk situs-situs yang dibuat dengan Wordpress
/ Popoji saja. Keuntungannya disini adalah anda tidak direpotkan soal instalasi
jika anda tidak tahu cara install Wordpress / Popoji di web
hosting. Dan karena
hanya menjalankan platform yang sama, biasanya hosting seperti ini memiliki
sistem keamanan yang sangat prima, penyelenggaraan yang sangat optimal, dan
teknisinya memiliki pengetahuan platform yang sangat memadai saat memberi
bantuan ke pelanggan. Kekurangannya adalah biasanya biaya penyewaan hosting
menjadi lebih mahal.
Ada banyak jenis Managed Hosting untuk
platform lainnya seperti Wordpress / Popoji , Drupal, Blogger dll
jika anda tertarik.
Layanan Managed Hosting cocok untuk semua orang dan jenis
bisnis. Baik itu pemula, orang awam, atau mereka yang tidak ingin ribet dengan
segala urusan teknis seperti maintenance, backup dll.
Jenis Layanan Web Hosting Manakah yang Sebaiknya Saya Pilih?
Jawabannya adalah disesuaikan dengan kegunaan dan
kebutuhan situs anda.
Shared Web Hosting adalah layanan
hosting yang paling cocok dan paling banyak dipakai oleh situs-situs baru,
situs-situs para pemula dan situs-situs professional. Juga merupakan jenis
layanan hosting yang paling banyak variasi paketnya. Anda bisa memilih menurut
harga, kapasitas atau fungsionalitas yang anda butuhkan.
Sedangkan Dedicated Server hanya
dipakai oleh situs yang membutuhkan kontrol lingkungan web yang luas atau situs
yang memiliki traffic pengunjung sangat tinggi. Layanan Dedicated Server juga
adalah layanan hosting termahal yang bisa anda temui. Dan membutuhkan SDM yang
ahli sehingga hanya perusahaan besar yang memakainya.
Domain Indonesia:
1.
.ac.id
: Jenis domain yang digunakan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi dengan
ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
2.
.co.id
: Jenis domain yang digunakan bagi organisasi komersial yang pada ketentuan dan
kebijakan selanjutnya hanya diperuntukan bagi perusahaan dengan ketentuan dan
kebijakan yang telah ditentukan.
3.
.or.id
: Jenis domain yang digunakan bagi organisasi selain organisasi yang masuk
kedalam kategori domain ac.id, co.id, net.id, go.id, mil.id, sch.id, dst
dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
4.
.net.id
: Jenis domain yang digunakan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa
telekomunikasi dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
5.
.web.id
: Jenis domain yang digunakan bagi personal dan organisasi dengan ketentuan dan
kebijakan yang telah ditentukan.
6.
.sch.id
: Jenis domain yang digunakan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang
telah ditentukan.
7.
.go.id
: Jenis domain yang digunakan khusus bagi instansi pemerintah dengan ketentuan
dan kebijakan yang telah ditentukan.
8.
.mil.id
: Jenis domain yang digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan
kebijakan yang telah ditentukan.
9.
.war.net.id
Jenis domain yang digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan
yang telah ditentukan.
Pengertian Content
Management System (CMS)
Pengertian Content Management System (CMS) –
Content Management System atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web
yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah.
Penggunaan Content Management System?tidak memerlukan pengetahuan pemrograman
web yang handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user
friendly. CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan
biasanya berbayar dan ada yang berupa template instan yang fungsionalitasnya
dibuat dengan menyeuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada didunia nyata
yang dapat digunakan secara gratis.
Aplikasi Content Management System?instant
yang banyak terdapat di internet saat ini kebanyakan dibuat menggunakan scripting
language PHP dan database-nya adalah MySQL. Saat ini perkembangan Content
Management System cukup pesat, banyak vendor yang membuat CMS instant yang
didistribusikan secara gratis. Perkembangan CMS instant ini juga dipicu oleh
perkembangan web 2.0 yang memungkinkan interaksi dalam arti yang cukup luas
antara pengelola web dan pengunjung web.
Pengertian Content Management System
(CMS)Selain perkembangan teknologi web dan infrastruktur internet, perkembangan
pesat Content Management System juga dipicu oleh kebutuhan masyarakat dan
pelaku bisnis yang menginginkan web dapat mendukung kegiatan bisnis mereka
secara mudah dalam hal pengelolaan content, cepat dalam pembuatan web, serta
murah dalam pengadaannya.
Bahkan saat ini, pengembangan aplikasi web
CMS sudah banyak yang menggunakan konsep freamework. Dengan konsep ini, sangat
dimungkinkan untuk melakukan modifikasi terhadap beberapa fitur Content
Management System instant tersebut karena semuanya dibuat lebih modular.
Berikut adalah beberapa contoh web CMS instant yang dibuat oleh vendor dan
dapat digunakan secara gratis dan scripting language yang digunakan adalah PHP
dengan database server MySQL.
Ada beberapa jenis-jenis Content Management
System atau?CMS, yaitu :
CMS untuk membuat personal blog, contohnya
WordPress.
CMS untuk membuat web e-Commerce, contohnya
PrestaShop, OsCommerce, Opencart, Drupal.
CMS untuk membuat web e-Learning, contohnya
Moodle.
CMS untuk membuat personal web, contohnya
joomla!, Mambo.
CMS untuk membuat e-Office, contohnya katanya
(Kantor Maya).
CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya
phpBB, MYBB,Vbulletin.
Berikut adalah beberapa jenis framework
berbasis scripting language PHP :
Code Igniter (CI).
RubyOnRail (RoR).
CakePHP.
FuseBox.
C. RUBRIK PENILAIAN
Berikut ini Pemrograman Web
1. Perhatikan gambar berikut
structure-table
Dari gambar tersebut (klik untuk
memperbesar) tentukan :
a) Nama kunci primer
b) Nama Database
c) Nama Tabel
d) Berapa jumlah fieldnya
e) Apa nama Field yang AUTO INCREMENT
f) Berapa jumlah field yang berjenis int sebutkan
g) Berapa jumlah field yang berjenis bigint sebutkan
h) Berapa jumlah field yang berjenis varchar sebutkan
i) Apa nama field yang berjenis tinytext
j) Apa nama dan jenis data untuk field nomor urut 13
a) Nama kunci primer
b) Nama Database
c) Nama Tabel
d) Berapa jumlah fieldnya
e) Apa nama Field yang AUTO INCREMENT
f) Berapa jumlah field yang berjenis int sebutkan
g) Berapa jumlah field yang berjenis bigint sebutkan
h) Berapa jumlah field yang berjenis varchar sebutkan
i) Apa nama field yang berjenis tinytext
j) Apa nama dan jenis data untuk field nomor urut 13
2. Tuliskan perintah SQl untuk
menambahkan data pada gambar tabel diatas !
3. Tuliskan perintah SQL untuk
menghapus data dengan author yang beralamat email “saterlat@yahoo.com” !
4. Tuliskan perintah SQL untuk
mengedit data agent ke “siswa” untuk author “boksai” !
5. Gambarkan structur sebuah
database dengan nama Latihan dan tabel latihan 1 dengan
jumlah filed minimal 10 yang terdiri dari tipe data int,
bigint, varchar, text !
Salin dan kerjakan soal diatas
pada lembar kerja siswa yang
sudah disediakan, kemudian kumpulkan sesuai instrukri yang sudah diberikan.
BAB
V
PENUTUP.
A.
Kesimpulan
Topik
desain web saat ini bersifat global. Desain Web hadir sebagai pelengkap
komposisi suatu produk. Sebagai tambahan referensi, kita dapat mengembangkan
berbagai ide desain yang bersumber dari berbagai sumber sehingga dapat membuat
inovasi-inovasi baru yang dapat dirangkum dan di bentuk menjadi suatu produk
desain yang menarik. Selain itu, Desain Webdapat dikembangkan dan banyak
bermanfaat untuk menunjang pengelolaan kegiatan belajar masyarakat.
B.
Saran
Karya
nyata ini disarankan untuk menjadi bahan rujukan atau referensi tehadap
masyarakat pada umumnya, dan mahasiswa khususnya. Dengan demikian akan menambah
pengetahuan masyarakat dibidang
dunia maya, sehingga nantinya akan
menumbuhkan minat masyarakat
terhadap dunia tulis
menulis. Karya nyata ini
juga dapat digunakan
bagi penulis yang
ingin membahas masalah ini lebih
lanjut.